Resep Membuat Sop Ikan (Sup Ikan) Patin Enak

Resep membuat sop ikan (sup ikan) patin | Ikan patin ialah sejenis ikan/pisces yang mempunyai kumis (dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan siluriformes) dan ia digolongkan pada genus Pangasius, dan masuk pada famili Pangasiidae. Silakan cek di buku biologi anda mengenai pengelompokan jenis-jenis ikan. Istilah "patin" juga dicocokkan kepada salah satu anggotanya, yaitu P. nasutus. Akhir-akhir ini, ikan patin menjadi salah satu ikan yang bernilai ekonomis dan banyak digemari oleh pecinta masakan ikan, beberapa jenis yang sering dipakai masakan adalah patin dan patin siam (P. hypophthalmus syn. P. sutchi). Bentuknya mirip dengan ikan lele (catfish) dan hidupnya di air tawar seperti di sungi-sungai, danau, rawa, bahkan empang. Sama dengan ikan lele, ikan patin juga kadang ukurannya bisa mencapai lebih dari satu meter. Tentunya hal ini bisa didapatkan di alam bebas yang jauh dari manusia yang sering berburu ikan.

Resep membuat sop ikan (sup ikan) patin | Seperti biasanya, akan sedikit saya ulas mengenai kandungan gizi yang terkandung di dalamnya. Berdasarkan data dari tribunews, ikan patin bagus untuk kesehatan manusia karena kadar lemak dalam daging patin relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis ikan yang lain. Omega-3 asam lemak esensial DHAnya kurang lebih sekitar 4,74 persen dan EPAnya sekitar 0,31 persen. Ikan lain yang mampu menghasilkan kedua Omega-3 itu di antaranya adalah ikan tuna, ikan sarden, dan ikan salmo yang semuanya hidup di air yang agak dingin. Lemak total ikan patin  besarnya antara 2,55 persen hingga 3,42 persen, dan lemak jenuhnya di atas 50 persen. Ikan patin juga mengandung asam oleat, yakni asam lemak yang tidak jenuh tunggal sekitar 8,43 persen. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, lemak tidak jenuh (USFA sebesar 50 persen) itu bagus untuk mencegah penyakit Kardiovaskular yang sering berakhir dengan serangan jantung atau stroke. Lemak tak jenuhnya berfungsi guna menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL pada darah, dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner. Wah banyak banget ya manfaatnya. Untuk itu, mari kita membuat masakan ikan patin dengan membuat sop.

Bahan dasar dan bumbu sop ikan :
sop ikan
  • air untuk merebus, sebanayk 800 mili liter
  • ikan patin yang masih segar sebanyak 500 gram, potong sesuai selera
  • daun salam dua (2) lembar agar aroma sop sedap
  • iris tipis bawang putih empat (4) siung saja
  • memarkan serai dua (2) batang, ini juga untuk menambah aroma
  • daun jeruk lima (5) lembar, tulang daunnya dibuang karena tidak dibutuhkan
  • cabe rawit pedas merah sepuluh (10) buah
  • garam halus satu (1) sendok teh
  • iris tipis bawang merah lima (5) buah
  • air perasan jeruk nipis dua (2) sendok makan
  • tomat yang masih ijo empat (4) buah
  • kunyit / kunir sebanyak satu (1) ruas. dimemarkan
  • jahe sebanyak satu (1) ruas. dimemarkan
  • gula pasir satu (1) sendok teh
Cara bikin sop ikan patin
  1. Pertama-tama ikan patin yang sudah dipotong dilumuri pakai garam dan air jeruk nipis. Hal ini agar bau amisnya bisa hilang.
  2. Didihkan air, setelah mendidih baru masukkan bumbu-bumbunya (bawang putih, bawang merah,  kunyit, jahe, daun salam, serai, dan daun jeruk. Biarkan hingga semuanya matang dan beraroma sedap.
  3. Setelah itu daging ikan patin dimasukkan, tambahkan gula, garam, tomat hijau, cabe rawit, serta air jeruk nipis. Masak hingga daging ikan matang seluruhnya.
  4. Tuang ke dalam mangkuk dan beri hiasan sesuai selera.
Resep membuat sop ikan (sup ikan) patin bisa dihias atau dilengkapi dengan potongan tomat, kerupuk, emping, atau bahan-bahan lain yang sekiranya anda sukai dan cocok dengan sop ikan. Resep yang dibikin tadi cukup untuk 6 orang. Dan cukup untuk menghilangkan rasa lapar setelah melakukan aktifitas seharian. Sop ikan bisa digunakan untuk lauk nasi atau lontong, maupun ketupat.

Artikel Terkait :
Baca Juga :

    0 Response to "Resep Membuat Sop Ikan (Sup Ikan) Patin Enak"

    Post a Comment