Resep Membuat Sop Ayam (Sup Ayam) Pedas dan Enak

Resep membuat sop ayam (sup ayam) | sop / sup ayam merupakan sup yang terbuat dari daging ayam, direbus dengan berbagai bahan yang lainnya. Sup/sop ayam klasik orang barat biasanya terdiri dari kaldu, potongan-potongan ayam atau sayuran, ditambah dengan bahan-bahan (misalnya, mie, pangsit, atau biji-bijian seperti beras dan gandum). Sop/sup ayam juga memperoleh reputasi yang bagus kaitannya sebagai obat tradisional untuk penyakit pilek dan flu, dan di beberapa negara sop ini dianggap sebagai makanan untuk membuat badan terasa nyaman. Menurut data wikipedia, sup ayam lemaknya relatif rendah, lemak ini dapat dihilangkan dengan mendinginkan sup setelah memasaknya dan menggelapkan lapisan lemak beku dari atas. Sebuah studi menjelaskan bahwa memasak berkepanjangan tulang di sup meningkatkan kandungan kalsium dari sup ketika dimasak pada asam, namun tidak pada pH netral.

Resep membuat sop ayam (sup ayam) | Sup ayam telah lama disebut-sebut sebagai obat yang biasa dipakai oleh masyarakat umum untuk mengobati gejala flu biasa dan hal-hal atau gejala yang diakibatkan oleh flu. Pada tahun 2000, para ilmuwan di University of Nebraska Medical Center di Omaha mempelajari pengaruh sop ayam. Mereka menemukan bahwa beberapa komponen dari sup ayam ini dapat menghambat migrasi neutrofil, yang mungkin memiliki efek anti-inflamasi yang diduga dapat menyebabkan mudahnya terserang penyakit. Namun, karena hasil ini diperoleh dari sel yang dimurnikan (langsung terapan), efek sup masih bisa diperdebatkan. Pada intinya, dari hasil penelitian tadi bisa disimpulkan bahwasanya sop ayam mampu mengobati penyakit yang disebabkan karena flu. Mungkin dari kita pernah bahkan sering mempraktekkannya. Saya sendiri, jika terserang flu kadang menyembuhkannya dengan makanan-makanan yang panas seperti sop ayam yang terdapat pada kuah bakso. Meskipun sebagian pihak menepis anggapan ini, namun nyatanya sudah banyak yang membuktikannya. Oke itu saja sedikit pengantar mengenai fakta sop ayam, berikut kita bahas bagaimana cara membuat sop ayam pedas. Jika anda tidak suka pedas, saus cabenya dikurangi sesuai selera anda. Resep ini dibuat untuk 6 porsi, jadi pas untuk satu keluarga.

Bahan-bahan untuk membuat sop ayam pedas yang enak :
sop ayam
  • ayam kampung setengah ekor saja, iris kecil-kecil
  • air sebanyak 750 mili liter untuk merebus
  • daun seledri satu batang
  • wortel seratus gram. Potong kotak-kotak
  • daun bawang dua batang. potong masing-masing sekitar 1 cm
  • minyak untuk menumis sebanyak dua sendok makan
Bahan-bahan untuk membuat bumbu :
  • saus cabe sebanyak 50 gram
  • lada putih halus satu sendok teh
  • cincang halus bawang putih sebanyak 3 siung
  • gula pasir halus satu sendok teh
  • saus tomat 50 gram
  • garam satu sendok teh
  • iris tipis bawang bombai sebanyak seratus gram
Cara Mengolahnya :
  1. Didihkan air terlebih dahulu, jika sudah mendidih baru masukkan ayam ke air dalam rebusan.
  2. Rebus daging ayam sampai empuk dan matang. Dan jika airnya kurang, bisa anda tambahkan sendiri
  3. Selanjutnya, bawang bombai dan bawang putih ditumis sampai mengeluarkan bau yang sedap. Setelah itu, tumisan tersebut dimasukkan ke dalam rebusan ayam.
  4. Masukkan juga bahan-bahan lainnya (daun bawang, wortel, lada halus, daun seledri, saus tomat, saus cabe, gula pasir, dan garam. Rebus semuanya hingga benar-benar matang.
  5. Sajikan sop ayam selagi masih panas.
Resep membuat sop ayam (sup ayam) dengan rasa pedas benar-benar dapat menggugah selera kita. Apalagi disantab pas panas-panas, wah keringatnya pasti pada keluar semua. Bagaimana anda bayangkan betapa nikmat dan lezatnya sop ayam dan disantab bersama keluarga besar. Pastinya tidak akan terkira nikmat dan lezatnya. Silakan bagi ibu-ibu untuk bisa mempraktekkan resep di atas, silakan mencobanya.

Artikel Terkait :
Baca Juga :

    0 Response to "Resep Membuat Sop Ayam (Sup Ayam) Pedas dan Enak"

    Post a Comment